Program Studi

D-III Teknik Informatika

Program Studi

D-III Teknik Informatika

Program Studi D-III Teknik Informatika merupakan program studi yang menjadi syarat di dalam pendirian Politeknik Cilacap melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 125D/O/2008 Tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Politeknik Cilacap di Cilacap di Selenggarakan oleh Yayasan Dharmaning Kawula Cilacap di Cilacap Jawa Tengah.

Program Studi

D-III Teknik Informatika

Merupakan program pendidikan vokasi yang dirancang untuk menghaislkan lulusan yang memiliki keterampilan praktis dibidang teknologi informasi. Program studi ini berfokus pada penguasaan teknologi komputer, pemograman, pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, dan sistem basis data.

VISI

Misi

Pelaksanaan pendidikan di bidang informatika untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

information-technology

Pelaksanaan rekayasa dan penelitian dasar dan/atau terapan bidang informatika.

Pelayanan masyarakat di bidang produksi dan jasa serta pelaksanan kegiatan pengabdian pada bidang informatika untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Membentuk jiwa kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship).

Tujuan

Profil Lulusan

Supervisor Database Programmer

Mampu membangun, mengembangkan dan menganalisis basis data secara profesional.

Menjadi SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam melaksanakan pemrograman web tingkat junior secara profesional.

Mampu meningkatkan kompetensi teknis dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan dan mengelola jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan

Capaian Pembelajaran

Aspek sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi niali kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
  5. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
  2. Berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
  3. Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
  4. Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning).
  5. Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
  6. Bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam.
  7. Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis.
  8. Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi. 
  9. Menguasai perancangan desain antarmuka yang berfokus pada pengguna.
  10. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  11. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  12. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  13. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  14. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  15. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  16. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  17. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. 
  1. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman,mengidentikasi model-model bahasa pemrograman,serta membandingkan berbagai solusi. 
  2. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
  3. Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
  4. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
  5. Menguasai konsep dan prinsip pengembangan perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis computer
  6. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
  7. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta ber-bagai model bahasa pemrograman. 
  8. Menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
  9. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
  10. Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  11. Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.
  12. Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  13. Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  14. Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
  15. Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
  16. Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
  17. Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
  18. Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer. 
  19. Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.
  20. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan pen-jaminan keamanan akses data.
  21. Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
  22. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasikomputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
  23. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Com-puting, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
  24. Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada. 
  25. Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
  26. Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.
  27. Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.
  28. Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
  29. Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
  30. Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia.
  31. Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.
  32. Menyajikan data dalam bentuk visualisasi grafik dan multimedia.
  33. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman,mengidentikasi model-model bahasa pemrograman,serta membandingkan berbagai solusi.
  1. Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika,program linear serta metode numerik.
  3. Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
  4. Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisissistem komputasi.
  5. Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.

Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan

SEMESTER 1

Peluang Kerja

Web Developer

Membangun dan memelihara situs web untuk perusahaan atau klien individu.

Programmer/
Developer

Mengembangkan aplikasi desktop, web, atau mobile
sesuai kebutuhan perusahaan.

Network Technician

Mengelola dan memelihara jaringan komputer perusahaan, termasuk troubleshooting masalah jaringan.

Entrepreneur

Menciptakan, mengembangkan, dan menjual produk atau layanan berbasis teknologi.

Fasilitas

Dosen Home Base

Kepala Jurusan

Dwi Novia Prasetyanti, S.Kom., M.Cs.

NIP : 197911192021212009

Koordinator Prodi

Cahya Vikasari, S.T., M.Eng.

NIP : 198412012018032001

Dosen

Riyadi Purwanto, S.T., M.Eng.

NIP : 198503182019031013

Dosen

Nur wahyu Rahadi, S.Kom., M.Eng.

NIP : 198105092021211004

Dosen

Antonius Agung Hartono, S.T., M.Eng.

NIP : 198106152021211010

Dosen

Annas Setiawan Prabowo, S.Kom., M.Eng.

NIP : 198711172018031001

Dosen

Andesita Prihantara, S.T., M.Eng.

NIP : 198405072019031011

Dosen

Prih Diantono Abda'u, S.Kom., M.Kom.

NIP : 199008082019031017

Dosen

Lutfi Syafirullah, S.T. M.Kom.

NIP : 198411212024211009

Dosen

Rostika Listyaningrum, S.Si., M.Si.

NIP : 198308222021212003

Dosen

Laura Sari, S.Si., M.Sc.

NIP : 198809132019032012

Dosen

Annisa Romadloni, S.Hum., M.A.

NIP : 198605142019032008

Dosen

Adlan Nugroho, M.T.I.

NIP : 199501232024061001

Dosen

Fajar Mahardika, S.Kom., M.Kom.

NIP : 199508282024061003

Dosen

Joko Purwanto, S.T, M.Kom

NIP : 198905182024061002

Dosen

Kukuh Muhammad, M.T.

NIP : 199309292024061001

Dosen

Rahmawan Bagus Trianto, S.Kom, M.Kom

NIP : 199112012024061001

Dosen

Muhammad Abdul Mu'in

NIP : -

Update

Berita Terbaru

Daftar Sekarang

D-III TEKNIK INFORMATIKA

© 2024 UPA TIK. All rights reserved.