TEKNIK INFORMATIKA

Teknik Informatika

Program Studi Diploma 3

TEKNIK INFORMATIKA

Teknik Informatika merupakan program studi yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi software dan hardware untuk tujuan tertentu. Lulusan memiliki keterampilan yang baik di bidang pemrograman dan jaringan serta kemampuan tambahan di bidang multimedia.

Visi, Misi dan Tujuan

“Menjadi program studi unggulan dalam pengkajian dan penerapan IPTEK pada bidang Informatika dan mampu berkontribusi bagi masyarakat ditingkat nasional”

Menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam pengkajian dan penerapan IPTEK dibidang informatika dengan cara:

  1. Pelaksanaan pendidikan di bidang informatika untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.
  2. Pelaksanaan rekayasa dan penelitian dasar dan/atau terapan bidang informatika.
  3. Pelayanan masyarakat di bidang produksi dan jasa serta pelaksanan kegiatan pengabdian pada bidang informatika untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat
  4. Membentuk jiwa kewirausahaan berbasis teknologi (technopeneurship).

Program Studi Teknik Informatika dalam penyelenggaraan pendidikannya bertujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang informatika yang berkarakter, adaptif dan mampu berkarya dengan menerapkan teknologi informasi.
  2. Menghasilkan penelitian bidang informatika yang aplikatif dan inovatif serta bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menjadi mitra industri/masyarakat dalam kegiatan konsultasi dan produksi bidang informatika yang bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan

Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan Program Studi D3 Teknik Informatika memiliki kompetensi :
  1. Mampu membuat suatu aplikasi perangkat lunak
  2. Mampu membuat aplikasi berbasis mobile
  3. Mampu melakukan perakitan, perawatan dan perbaikan komputer
  4. Mampu mendesain, membangun, menginstalasi serta troubleshooting jaringan
  5. Mampu membuat dan menjalankan administrasi sebuah website
  6. Mampu mendesain sebuah website
  7. Mampu membuat animasi 2 dimensi dan desain gambar
 

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) program studi D3 Teknik Informatika telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Setiap lulusan program studi D3 Teknik Informatika memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
    3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
    4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila
    5. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    1. Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika
    2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika,program linear serta metode numerik
    3. Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi
    4. Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi
    5. Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer
    1. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman,mengidentikasi model-model bahasa pemrograman,serta membandingkan berbagai solusi
    2. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan
    3. Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    4. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem
    5. Menguasai konsep dan prinsip pengembangan perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer
    6. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer
    7. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta ber-bagai model bahasa pemrograman
    8. Menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek
    9. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra
    10. Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
    11. Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi
    12. Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
    13. Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
    14. Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer
    15. Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer
    16. Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu
    17. Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya
    18. Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer
    19. Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural
    20. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan pen-jaminan keamanan akses data
    21. Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif
    22. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer
    23. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Com-puting, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area
    24. Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada
    25. Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer
    26. Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu
    27. Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer
    28. Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien
    29. Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan
    30. Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia
    31. Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia
    32. Menyajikan data dalam bentuk visualisasi grafik dan multimedia
    33. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi
    1. Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis
    2. Berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data
    3. Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika
    4. Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning)
    5. Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
    6. Bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam
    7. Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis
    8. Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi
    9. Menguasai perancangan desain antarmuka yang berfokus pada pengguna
    10. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
    11. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
    12. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
    13. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
    14. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
    15. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    16. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
    17. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KURIKULUM

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan

PELUANG KERJA LULUSAN

Lulusan Program Studi Teknik Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 6 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:

Supervisor Database Programmer

Seseorang yang memiliki kemampuan atau skill membangun, mengembangkan dan menganalisis basis data secara profesional

Junior Web Programmer

Menjadi SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam melaksanakan pemrograman web tingkat junior secara profesional

Junior Network Administrator

Mampu meningkatkan kompetensi teknis dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan dan mengelola jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Untuk adik-adik yang ingin bergabung di Program Studi D3 Teknik Informatika dapat mengunjungi web pendaftaran di pmb.pnc.ac.id.

FASILITAS

Fasilitas yang dapat dipergunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) baik matakuliah teori maupun matakuliah praktikum, yaitu ruang kelas teori yang sangat nyaman, ruang laboratorium dengan peralatan praktikum yang lengkap, serta ruang perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang lengkap untuk mendukung pembelajaran mahasiswa dan dosen.

DOSEN HOMEBASE PRODI D3 TEKNIK INFORMATIKA

Cahya Vikasari, S.T., M.Eng.

Koordinator Prodi D3 Teknik Informatika | Dosen (NIDN: 0601128402) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Rekayasa Perangkat Lunak, Knowledge Management

Dwi Novia Prasetyanti, S.Kom., M.Cs.

Dosen (NIDN: 0619118002) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Algoritma Pemrograman, Struktur Data, Data Science

Andesita Prihantara, S.T., M.Eng.

Dosen (NIDN: 0607058401) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Jaringan, Kecerdasan Buatan

Annas Setiawan Prabowo, S.Kom., M.Eng.

Dosen (NIDN: 0017118706) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Database, Web

Annisa Romadloni, S.Hum., M.A.

Dosen (NIDN: 0014058602) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Bahasa Inggris

Antonius Agung Hartono, S.T., M.Eng.

Dosen (NIDN: 0615068102) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Jaringan, Database, Sistem Digital

Laura Sari, S.Si., M.Sc.

Dosen (NIDN: 0013098805) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Statistika, Data Science

Lutfi Syafirullah, S.T., M.Kom.

Dosen (NIDN: 0621118402) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Management Produksi, Etika Profesi

Nur Wahyu Rahadi, S.Kom., M.Eng.

Dosen (NIDN: 0609058102) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Rekayasa Perangkat Lunak, Object Oriented Programming

Prih Diantono Abda’u, S.Kom., M.Kom.

Dosen (NIDN: 0008089002) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Rekayasa Perangkat Lunak, Software Development, Web Application

Riyadi Purwanto, S.T., M.Eng.

Dosen (NIDN: 0618038501) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Sistem Informasi Geografis, Web

Rostika Listyaningrum, S.Si., M.Si.

Dosen (NIDN: 0022088306) | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Aljabar Linier dan Matriks, Statistika, Matematika Diskret

TENDIK JURUSAN

Andriansyah Zakaria, S.Kom., M.Kom.

Pranata Laboratorium Pendidikan | Pendidikan Terakhir: Magister Strata 2 (S2)

Bidang Keahlian: Jaringan, Web

Wiyono, A.Md.

Teknisi Laboratorium | Pendidikan Terakhir: Diploma 3 (D3)​

Bidang Keahlian: Desktop, Object Oriented Programming

Ipo Novianto, S.Kom.

Teknisi Laboratorium | Pendidikan Terakhir: Sarjana (S1)

Bidang Keahlian: Jaringan, Web

Grizenzio Orchivilando, A. Md.

Teknisi Laboratorium | Pendidikan Terakhir: Diploma 3 (D3)

Bidang Keahlian: Multimedia, Design Grafis, Web, Mobile

Teguh Fitriyoko, A. Md.

Teknisi Laboratorium | Pendidikan Terakhir: Diploma 3 (D3)​

Bidang Keahlian: Design Grafis, Pemrograman

Harun Purbadi

Admin Jurusan | Pendidikan Terakhir: SMA

Bidang Keahlian: Administrasi, Arsip

TEKNIK INFORMATIKA

Jl. Dr. Soetomo No. 1
Sidakaya – Cilacap
Jawa Tengah 53212

Telp. (0282) 533329
Faks: (0282) 537992
Email: sekretariat@pnc.ac.id