(0282)533329
Jl. Dr. Soetomo No. 1 Sidakaya Cilacap - Jawa Tengah 53212
PROGRAM STUDI Sarjana Terapan (D-IV)

Teknologi Rekayasa Multimedia

Tentang Kami

Teknologi Rekayasa Multimedia

Program Studi Teknologi Rekayasa Multinedia merupakan salah satu program studi D4 pada Jurusan Komputer dan Bisnis di Politeknik Negeri Cilacap. Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 66/D/OT/2023 tentang Izin Pembentukan Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia Program Sarjana Terapan pada Politeknik Negeri Cilacap di Kabupaten Cilacap.

Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia merupakan program studi yang fokus pada ilmu terapan yang berhubungan dengan semua teknologi yang digunakan untuk memproses informasi yang diekspresikan pada media digital dalam bentuk seperti teks, grafik, animasi, video on demand (VOD), dan juga musik yang dibuat menggunakan komputer.

Visi, Misi dan Tujuan

Teknologi Rekayasa Multimedia

Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki visi:

Menjadi Program Studi Vokasi dalam Bidang Pengembangan Teknologi Rekayasa Multimedia dan Berdaya Saing Nasional pada Tahun 2027.

Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana terapan teknologi multimedia yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  2. Melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan teknologi, perangkat, dan konten multimedia untuk lingkup sosial.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penerapan teknologi multimedia dan menjalin kerja sama dengan masyarakat serta dunia industri sebagai wujud pengabdian masyarakat.
  4. Mengembangkan teknologi di bidang rekayasa multimedia yang berwawasan technopreneurship.

Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki tujuan:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Multimedia yang berkualitas dan berstandar industri.
  2. Mengadakan pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri multimedia.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang multimedia yang sesuai kebutuhan.
  4. Meningkatkan persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan atau berwirausaha dalam waktu satu tahun setelah kelulusan.

Kompetensi Lulusan

Teknologi Rekayasa Multimedia

1

KL01

Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan multimedia serta menerapkan prinsip-prinsip multimedia dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi.

2

KL02

Lulusan mampu mengaplikasikan keilmuan dalam pelaksanaan proyek bidang multimedia, seperti Desain Grafis Madya, Desain Multimedia Utama, Animator Utama.

3

KL03

Lulusan mampu menunjukkan kemampuan bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial seerta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; memiliki kepekaan terhadap keanekaragaman budaya dan nilai-nilai akdamik; memiliki disiplin dan tanggungjawab dalam pekerjaan; serta memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

4

KL04

Lulusan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, dan bermutu sesuai dengan standar kompetensi bidang yang relevan, serta menunjukkan kinerja mandiri yang terukur.

5

KL05

Lulusan mampu mengkaji dan menyusun hasil kajian terhadap penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan nilai humaniora, serta mengambil keputusan tepat dan bertanggung jawab dalam supervisi dan evaluasi pekerjaan, termasuk melakukan evaluasi diri dan mengelola pembelajaran secara mandiri.

Profil Lulusan

Teknologi Rekayasa Multimedia

Desain Grafis Multimedia

Lulusan yang mampu mengaplikasikan prinsip dasar desain, menerapkan prinsip dasar komunikasi, menerapkan design brief, menetapkan strategi desain, menetapkan konsep desain, mengoperasikan perangkat lunak desain, menciptakan karya desain, mempresentasikan karya desain.

Desain Utama Multimedia

Lulusan yang mampu menciptakan konten visual dan audio yang dapat digunakan dalam berbagai bentuk media, seperti situs web, aplikasi, iklan, presentasi, dan materi promosi, serta memadukan elemen desain grafis, animasi, dan audio untuk menciptakan pengalaman visual yang menarik.

Animator Utama

Lulusan yang memiliki keterampilan yang baik dalam menciptakan ilusi gerakan melalui berbagai teknikn seperti menggambar, pemodelan, atau citra yang dihasilkan komputer (animasi 2D dan animasi 3D), meliputi pengembangan storyboard, membuat sketsa karakter, berkolaborasi dengan tim, merancang latar belakang, dan mengkonseptualisasikan ide untuk karakter dan elemen animasi lainnya.

Technopreunership

Lulusan yang mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan dan menjalankan usaha yang berbasis multimedia, seperti pengembangan produk multimedia (video, animasi, game, desain grafis), pemasaran dan promosi melalui media platform digital, pengembangan dan pengintegrasian teknologi dengan inovasi bisnis untuk menciptakan model bisnis yang unik, serta kolaborasi dan kerja sama dengan perusahaan lain untuk meningkatkan sumber daya dan jaringan berbasis multimedia.

Capaian Pembelajaran

Teknologi Rekayasa Multimedia

Aspek Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moarl, dan etika.
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisma serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
  5. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirianm kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  2. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype. prosedur baku, desain atau karya senin, menyusun hasial kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersbut di aras dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
  6. Mampu memilihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi dirii terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Memahami konsep-konsep desain komunikasi visual, termasuk prinsip dasar seni (estetika), desain, dan komposisi.
  2. Memahami karakteristik produk multimedia, termasuk beragam bentuk, isi, kemasan, dan fungsi.
  3. Memahami metodologi pengembangan multimedia, termasuk pada bidang desain, animasi dan broadcasting.
  4. Memahami perilaku pengguna/konsumen multimedia, termasuk bagaimana mereka menggunakan dan memahami produk multimedia.
  5. Menguasai product knowledge multimedia, temasuk teknologi yang dapat digunakan oleh produk multimedia.
  6. Menguasai teknik penyajian proyek multimedia.
  7. Memahami proses evaluasi output visual produksi multimedia yang kompleks, termasuk model evaluasi, pengambilan kesimpulan, dan penulisan laporan evaluasi hasil output visual.
  1. Berkomunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam produksi multimedia, serta berdiskusi dan mempresentasikan hasil evaluasi.
  2. Mengorganisir data, informasi, dan fakta-fakta yang terjadi untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
  3. Menganalisis hasil evaluasi aset audio dan mempresentasikan serta mendiskusikan hasil evaluasi.
  4. Menggunakan peralatan produksi audio yang sesuai dengan kebutuhan produk multimedia yang sedang diproduksi.
  5. Mengoperasikan komputer baik untuk perluan olah data, penulisan, produksi audio, maupun presentasi.
  6. Mengintegrasikan seluruh komponen multimedia terkait audio dan visual.
  7. Mengevaluasi hasil pekerjaan asset teknis dan menggunakan instrument untuk menterjemahkan arah kebutuhan teknis ke dalam langkah kerja.
  8. Menggunakan instrument untuk menerjemahkan brief ke dalam langkah kerja dan memvalidasi hasil evaluasi sesuai dengan brief.
  9. Menggunakan beragam perangkat yang dapat digunakan untuk mendistribusikan asset multimedia.
  10. Menggambar perspektif yang baik, menggambar gesture dan kontur yang baik, serta penggambaran kontinuitas yang baik.
Kurikulum

Teknologi Rekayasa Multimedia

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.

Semester 1

Dosen

Teknologi Rekayasa Multimedia

Kaprodi & Dosen

Nur Wachid Adi Prasetya, S.Kom., M.Kom.

Dosen

Isa Bahroni, S.Kom, M.Eng

Dosen

Agus Susanto, S.Kom., M.Kom.

Dosen

Santi Purwaningrum, S.Kom., M.Kom.

Mari bergabung bersama kami!

D-IV Teknologi Rekayasa Multimedia

Politeknik Negeri Cilacap

Ā© 2024 UPA TIK. All rights reserved.